Di era serba canggih ini, kita hidup serba online. Dengan bantuan banyak aplikasi dan website sangat memudahkan hidup. Lalu, kenapa kita bisa begitu familiar dengan aplikasi yang terinstal? Atau, mengapa kita memilih membeli sesuatu di aplikasi X dan Y? Membeli barang A di si C. Dan seterusnya. Lalu, mengapa kita lebih memilih menonton drama korea di aplikasi B dari pada aplikasi D. Kita lebih suka investasi emas dari pada saham.
Sebelum kita menjatuhkan pilihan pada sesuatu maka hal pertama yang kita lakukan adalah melihat rating bintang dari penjual atau aplikasi yang kita inginkan. Membaca komentar - komentar pembeli dengan seksama, melihat ulasan - ulasan yang diberikan dan ada juga yang mencari review orang - orang dari apa yang kita cari. Bahkan, saat ini begitu larisnya jasa endorsment dan review dari public figure. Fungsinya apa? Meyakinkan pembeli.
Seberapa penting ulasan atau penilaian itu?
Sangat penting. Karena itu menjadi salah satu tolak ukur ketertarikan orang - orang yang akan membeli. Contoh, saya akan berpikir lebih lama jika membeli barang di toko yang berbintang 2 atau 3. Kadang, jika berbelanja online maka akan memfilter toko dengan sebutan "star seller".
Ulasan - ulasan dan feedback tersebut juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan pelayanan yang tentu saja akan berdampak pada profit. Hal itu juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.
Jika pembaca yang budiman bertransaksi atau melakukan sesuatu dan diminta untuk memberikan feedback, jangan ragu untuk melakukannya. Jangan lupa, lakukanlah dengan jujur. Supaya yang diberi komentar dapat memperbaikinya. Apakah kamu adalah orang yang tidak tega untuk memberi bintang 1? 🙂
No comments:
Post a Comment